Kementerian Agama

Kamis, 02 Juni 2011

VISI, MISI, STRATEGI, DAN TUJUAN MADRASAH

 
SATUAN ORGANISASI/ KERJA    : MADRASAH   ALIYAH   NEGERI (MAN) CILILIN KABUPATEN  BANDUNG BARAT

MOTTO     :
                      -    TERPUJI DALAM BERAKHLAK
                      -    TERUJI DALAM PRESTASI
                      -    IKHLAS DALAM BERAMAL

VISI         :
                        “MENJADI  MADRASAH UNGGULAN DALAM IPTEK YANG POPULIS DAN  BERBASIS  AKHLAK”.

INDIKATOR     :

1.    unggul dalam manajemen madrasah yang ditunjang dengan sistem itu
2.    unggul dalam proses pembelajaran yang ditunjang 100 % dengan media pembelajaran
3.    unggul dalam bidang prestasi belajar dengan rata-rata minimal 75 – 100
4.    peningkatan penguasaan minimal 3 bahasa asing
5.    mahir dalam teknologi terapan yang mengacu pada life skill dan vocational skill
6.    unggul dalam bidang ekskul pada tingkat nasional dan internasional.
7.    unggul dalam sarana prasarana sesuai dengan standar nasional pendidikan.
8.    peningkatan populis madrasah menjadi pilihan pertama s.d. 150 %
9.    peningkatan standar pembiayaan s.d. 400 %
10.    memperlihatkan keteladanan dalam bersikap dan berperilaku sesuai ajaran islam.

MISI        :

1.    menyusun pengembangan madrasah (rpm) dua puluh tahun rencana stratejik (renstra) empat tahun jangka menengah dan rencana kinerja tahunan (rkt)
2.    menerapkan manajemen peningkatan mutu berbasis madrasah yang ditunjukan dengan kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan dan akuntabilitas.
3.    mengembangkan system manajemen it pada setiap komponen akademik maupun non akademik.
4.    menerapkan system pengambilan keputusan oleh dewan pendidik (bidang akademik) dan komite madrasah (bidang non akademik) atas dasar musyawarah mufakat yang berorientasi pada peningkatan mutu.
5.    meningkatkan kualifikasi akademik pendidik dan kompetensi sebagai agenda pembelajaran (paedagogik, kepribadian, professional dan sosial secara bertahap dan berkelanjutan).
6.    meningkatkan prestasi / keunggulan dalam setiap even kegiatan bidang ekskul secara bertahap sampai dengan tinkat nasional dan internasional (minimal satu bidang kegiatan).
7.    meningkatkan prestasi/ keunggulan secara bertahap untuk setiap mata pelajaran (gsa minimal  + 0,25 / tahun dan rasio kenaikan nilai um / un minimal 0,25/tahun).
8.    melakukan perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran/evaluasi dan penyusunan proses pembelajaran dalam satu dokumen ktsp untuk terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien.
9.    menyelenggarakan proses pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif agar prakarsa, kreatifitas dan kemandiriannya berkembang selaras dengan perkembangan fisik dan psikologinya.
10.    menata ruang kelas dan laboran secara bertahap dilengkapi oleh satu set alat peraga, perpustakaan kelas, ohp dan dvd, serta penataan khusus minimal 3 ruang multi media.
11.    menambah sarana dan prasarana sesuai dengan prediksi perkembangan jumlah input siswa perempat tahun sekali 25 %.
12.    melengkapi jenis peralatan laboratorium, buku-buku perpustakaan sesuai dengan rasio minimal jumlah peralatan / buku per peserta didik 25 % per empat tahun sekali.
13.    meningkatkan pembiayaan pendidikan (investasi, operasi dan biaya personal) 25 % per empat tahun sekali.
14.    meningkatkan kesejahteraan pendidik dan tenaga kependidikan dari dana komite madrasah sebesar 25 % per empat tahun.
15.    melalui pembelajaran mata pelajaran keterampilan/ bahasa asing diupayakan secara bertahap agar semua mampu menguasai :
a.    tiga bahasa asing (inggris, arab dan bahasa asing pilihan)
b.    satu jenis keterampilan pilihan (vocational skill).
16.     melalui pembelajaran setiap mata pelajaran secara bertahap agar semua siswa memiliki kecakapan hidup / life skill dalam membahas permasalahan yang muncul di masyarakat.
17.    mengupayakan budaya islami dalam setiap kegiatan pembelajaran baik intra maupun ekstra.
18.    membiasakan kedisiplinan dalam waktu, belajar, beribadah (mahdoh dan ghoer mahdoh) dan berpenampilan (performance).
19.    memperlihatkan sikap keteladanan / uswatun hasanah bagi pendidik dan tenaga kependidikan lainnya dan semua pimpinan organisasi intra / ekstra internal di madrasah dan eksternal di masyarakat.
20.    memperlihatkan sikap dan perilaku yang sesuai dengan ajaran Islam.

STRATEGI

1.    pengembangan manajemen madrasah sesuai dengan acuan yang relatif baru yaitu manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah. (school based quality improvement management) dan berpendidikan berbasis masyarakat (community based education).
2.     pengembangan berbagai sumber dana baik dari pemerintah, orang tua, donatur, alumnus, sponsor dan sebagainya.
3.    pengembangan sarana prasarana alat dan media pembelajaran, buku teks siswa, dan referensi untuk perpustakaan sisa dan guru (profesional library).
4.    peningkatan kualitas dan kuantitas guru, tenaga kependidikan lainnya dan staf tata usaha.
5.    pengefektifan kualitas dan kuantitas guru, tenaga pendidikan lainnya dan staf tata usaha.
a.    perbedaan kecepatan belajar dan cara belajar siswa.
b.    perbedaan bakat dan minat.
c.    kebutuhan siswa sebagai manusia yang memiliki penglihatan, pendengaran dan emosi kemampuan berkomunikasi.
d.    siswa sebagai individu dan makhluk sosial (belajar mandiri dan bersama atau kelompok).
e.    pemanfaatan teknologi.
6.    pengembangan madrasah menuju pada : pengintegrasian dengan pondok pesantren sehingga terjalin keterpaduan antara kegiatan intra dan ekstra kurikuler madrasah dan pesantren.

TUJUAN

1.    tujuan pendidikan nasional.
uu no. 20 tahun 2003 bab ii pasal 2 dan 3
pendidikan nasional berdasarkan pancasila dan undang-undang dasar negara republik indonesia tahun 1945.

pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermanfaat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agaar menjadi manusia yang beriman yang bertaqwa kepada tuhan yang maha esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.

2.    tujuan pendidikan di madrasah aliyah.
kma no. 370 tahun 1993 bab ii aliyah
kma no. 370 tahun 1993 bab ii pasal 2
1)    meningkatkan pengetahuan siswa untuk melanjutkan pendidikan kepada jenjang yang lebih tinggi.
2)    meningkatkan kemampuan siswa untuk mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian yang dijiwai ajaran agama islam.
3)    meningkatkan kemampuan siswa sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya dan alam sekitar yang dijiwai ajaran agama islam.

3.    tujuan Madrasah Aliyah Negeri Cililin.
mengembangkan pengetahuan, sikap keterampilan siswa sesuai dengan laju perbedaan dan cara belajarnya.  agar:
    memiliki kecakapan, berfikir kritis analisis dan menghargai akan kebutuhan belajar seumur hidup.
    memiliki keterampilan dan kreasi yang inovatif sesuai dengan bakat dan minatnya.
    memiliki rasa tanggung jawab sosial dan moral untuk memajukan bangsa dan manusia umumnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar